Saturday, December 21, 2013

Helping Quest : Port to Another Console

Well, udah lama banget gak nulis. Apa itu Helping Quest? Helping Quest adalah post di mana saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar RPG Maker.

Kali ini, saya akan membahas tentang apakah game yang dibuat di RPG Maker Series (XP, VX, VXA, 2k, 2k3, 95, dsb.) bisa diport ke konsol lain.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat bagaimana game RPG Maker terbentuk. RPG Maker memakai suatu programming language yang disebut RGSS atau Ruby Gaming Scripting System. Nah, RGSS itu berasal dari programming language juga yaitu Ruby. Masalah yang paling fundamental adalah bagaimana membuat Ruby agar bisa berjalan di konsol itu.

Ruby sendiri sekarang sudah banyak ditemui di berbagai konsol. Contohnya ya Android. Tapi salah satu masalah lainnya adalah bagaimana mengemulasikan komponen-komponen yang diperlukan agar game berjalan. Jika di Windows, pasti berjalan karena kita sudah mempunyai komponen-komponen tersebut. Tapi, bagaimana dengan Android? Kita harus membuat komponen-komponen yang sama fungsinya dengan komponen-komponen yang asli di Windows.

Selain itu, salah satu masalah yang terbesar adalah kontrolnya. Bagaimana kita akan mengimplementasikan kontrol untuk game kita? Di Android, kita diharuskan untuk memakai touch screen. Sedangkan fitur mouse di Windows saja harus memakai bantuan script.

Jadi, intinya kita bisa memportnya ke konsol lain. Tapi tergantung dengan skill dan kemauan karena memang memport game dari 1 konsol ke konsol lainnya tidaklah mudah dan cepat.


Credit & Reference :

0 comments:

Friday, August 02, 2013

RMXP Notetag Editor : Hope for XP User

Perbanding Seri RPG Maker <- Inilah alasan kenapa saya terus berusaha untuk membuat notetag editor sendiri. Dari dulu, XP di ejek karena gak punya notebox. Apalagi ini salah satu poin yang sering dipakai orang biar ngebujuk XP user pindah ke engine lain. Nah, saya adalah pengguna XP yang setia dan ingin membuktikan bahwa XP gak kalah jago, hanya fasilitasnya kurang.

Kesampaian juga salah satu mimpi saya. Yaitu membuat notetag editor sendiri khusus untuk XP. Udah dari dulu ingin ngebuat tapi gak bisa diwujudkan. Tapi setelah 3 hari (bisa dibilang malahan 2 minggu) saya akhirnya dapat pencerahan dari program buatan Blizzard. Terima kasih banget om Blizzard!!!

Kendalanya adalah dari dulu saya bingung cara ngebaca file .rxdata yang dibuat oleh RMXP. Nah setelah mempelajari dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan kode yang sesuai. Dan kerennya lagi kode itu dibuat dalam license Creative Commons.

Ini adalah screenshot dari program yang masih dalam tahap development ini :



















Sekian dari saya. Moga-moga aja saya bisa release software ini secepatnya.

0 comments:

Wednesday, July 31, 2013

Eremidia : A New Project

Maaf sekali lagi kalo saya udah lama gak nge-update. Soalnya saya lagi gak ada mood untuk nge-blog. Anyway, untuk ngatasinnya, saya lagi mendevelop suatu game bernama Eremidia yang ide cerita dan settingannya diambil dari roleplay di forum RPGMakerID.com

Kayak gimana ceritanya, tunggu aja tanggal mainnya. Tapi saya gak bisa jamin bakal terus kasih spoiler...

Berikut preview dari titlenya. Awas BWK!

0 comments:

Saturday, January 26, 2013

RGSS : Part 3 - Array


Definition
Array bisa diibaratkan menjadi sebuah lemari. Dalam lemari itu, kita bisa menyimpan baju, mainan, tas bagi para cc, gadget bagi para kk, dll.

Menurut Ruby Documentation, Array adalah :
Arrays are ordered, integer-indexed collections of any object.
Dalam suatu game, tentu kita memerlukan variable untuk menyimpan nama-nama Actor. Bayangkan jika ada 1000 aktor? Pasti capek kan nge-definenya. Apalagi kalau ngaturnya. Maka dari itu, kita menggunakan array. Array adalah sebuah kumpulan object yang didalamnya bisa mengandung banyak nilai/value.

Saat memakai array, kita bisa langsung mengakses value yang ada di dalamnya melalui angka yang kita sebut index.
Read More

0 comments:

Friday, January 25, 2013

RGSS : Part 2 - Variable

Definition
Apa itu variable? Kalo kamu masih SMP atau SMA, kamu seharusnya masih ingat tentang pelajaran aljabar. Kalo udah kuliah atau kerja, wajar kalo udah lupa.

Kalo di Aljabar, Variable itu kan huruf yang berfungsi sebagai pengganti nilai dari suatu angka.
Contoh :
3x = 6
x = 6 : 3
x = 2
Nah, kalo di RGSS, mirip-mirip juga. Tapi kalo di RGSS, Variabel tidak hanya berfungsi sebagai pengganti atau subtitusi integer/angka, tapi bisa juga sebuah array, sebuah string atau text, dll. (Saya belum pernah coba sih. Tapi mungkin variable bisa mengandung 1 method atau bahkan 1 class.)

Kalo diibaratkan di dunia nyata, variabel itu mirip sama kayak nama seseorang. Kalo kita panggil Ani, orangnya itu akan nyahut dan balik manggil kita. Variable juga bisa juga dibilang kayak keluarga. Misalnya ada orang nyebut seluruh keluarga Hadi (Sama saja seperti mendeklarasikan variable.) harus ikut. Berarti seluruh orang di keluarga Hadi harus ikut. Bisa kita lihat seluruh keluarga Hadi berfungsi sebagai variable yang membungkus orang-orang di keluarga Hadi.

Aneh kan kalo setiap orang di keluarga Hadi dipanggil namanya? Kalo 1000 orang gimana?
Read More

0 comments:

Friday, January 25, 2013

Sprite X, Y, OX,OY

Pertanyaan ini ditanyakan oleh member RMID, om Heartbreak61. Threadnya dapat dilihat di sini : Sprite x,y,ox,oy. Jika dilihat, saya sudah memberikan jawaban yang mengarah ke thread di forum luar. Tapi, saya ingin melihat dan mencoba lebih detil lagi apa perbedaan dari x, y, ox, dan oy.
Read More

0 comments:

Friday, January 25, 2013

Aliasing

Definition
Apa itu Aliasing? Aliasing adalah suatu proses untuk meng-aliaskan suatu method. Nah, apa lagi tuh alias itu?

Alias itu kan dalam pengertian sehari-hari adalah nama lain. Sama juga di RGSS, alias di sini berarti memberikan nama lain kepada method. Lalu, buat apa gunanya? Jika kamu adalah seorang scripter, gunakan alias sebisa mungkin. Ini agar meningkatkan tingkat kompabilitas antar scriptmu dengan script orang lain.
Read More

0 comments:

Saturday, January 19, 2013

Error

Concept Name : Error

Key Words : Computer, Virus, Cyber, Hack, War

Genre : Strategy, RPG

Introduction
Ide ini awalnya kepikiran saat ngomong-ngomong dengan om nisamerica dan om Aegis di CB. Waktu itu lagi malam-malam jadi brainstormnya keluar. Ide ini mungkin sudah ada yang meng-eksekusi. Soalnya om Kuro Creator memberikan link sebuah game yang mirip-mirip dengan game ini. Nama gamenya Hacker vs. Hacker.
Read More

0 comments:

Sunday, January 06, 2013

Resource Lister



Author : LowlingLife
Version : 1.1
Last Update : 11/07/2012

Script yang akan meng-generate log yang berisi daftar resource yang ada di folder projekmu.

Instruction
None. Plug'N'Play. Buka file Resource List.txt yang berada di folder projekmu untuk melihat hasilnya.


DOWNLOAD SCRIPT

0 comments: